Manajer
1. Definisi
• orang
yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah
orang untuk mencapai sasaran;
• orang
yg berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan
mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu;
Berikut Visual Artikata:
• Definisi
umum dari manajer adalah
Seseorang yang bekerja dengan
atau melalui orang lain melalui kegiatan mengkoordinasi berbagai aktifitas
pekerjaan dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Tingkatan manajer
1). Manajer Puncak (top manager)
Manajer puncak berada pada puncak
hierarki dan bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi. Mereka menyandang
jabatan seperti presiden, ketua, direktur eksekutif, presiden direktur (chief
executive officer - CEO), dan wakil presiden eksekutif. Manajer puncak
bertanggung jawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk
mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan menginterpretasikan lingkungan
eksternal, serta mengambil keputusan yang mempengaruhi seluruh
organisasi.
2). Manajer Menengah (middle manager)
Mencakup semua manajemen yang
berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai
penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya
kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
3). Manajer Lini Pertama (first-line manager)
Dikenal pula dengan istilah
manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang
bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam
proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift,
manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
Gambar. Tingkatan Manajer
3. Peran Menejer
Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan
bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia
kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok.
• Peranan
manajer yang terbagi menjadi tiga itu, yaitu:
1. Peran
antarpribadi
Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
2. Peran
informasional
Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
3. Peran
pengambilan keputusan
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
4. Keterampilan Menejer
- Keterampilan
konseptual (conceptional skill)
Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. - Keterampilan
berhubungan dengan orang lain (humanity skill)
Manajer harus mahir berkomunikasi atau memiliki keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. - Keterampilan
teknis (technical skill)
Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya membuat program komputer, memperbaiki mesin, akuntansi , dan lain-lain.
• Selain
tiga keterampilan dasar di atas, Ricky
W. Griffin menambahkan dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer,
yaitu:
• Keterampilan
manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
• Keterampilan
membuat keputusan
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
5. Tugas Menejer
Menurut Ranupandojo yang menjadi
tugas atau pekerjaan dari manajer itu adalah sebagai berikut :
• Kepala
dalam organisasi.
• Pemimpin
dalam organisasi.
• Wakil
organisasi dalam bertindak keluar.
• Penerima
informasi.
• Penerjemah
informasi untuk disampaikan kepada bawahan.
• Juru
bicara atau humas organisasi.
• Wirausaha.
• Penangkal
gangguan organisasi.
• Pembagi
sumber daya dalam organisasi.
• Negosiator
bagi organisasi.
6. Etika
Menejerial
Etika manajerial adalah standar
prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka. Ada tiga kategori
klasifikasi menurut Ricky W. Griffin:
• Perilaku
terhadap karyawan
• Perilaku
terhadap organisasi
• Perilaku
terhadap agen ekonomi lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar